Senin, 01 Maret 2010

Permainan Benz Race 2006

Pada permainan Permainan Benz Race merupakan jenis permainan racing atau balap. Pada permainan racing yang sudah umum, pemain diharuskan ‘mengadu’ kecepatan dengan pemain lain untuk menuju garis akhir. Pemain yang tercepat dinyatakan sebagai juaranya. Walaupun merupakan jenis permainan racing, tetapi permainan Benz Race ini memiliki sedikit perbedaan dari permainan racing yang lainnya. Permainan Benz Race tidak menggunakan konsep seperti konsep permainan racing pada umumnya. Dalam permainan Benz Race ini, pemain diposisikan sebagai seorang pengemudi yang harus melewati jalur atau jalan yang arus lalu lintasnya sangat padat. Pemain tersebut harus melampaui jarak yang ditentukan sebelum bahan bakarnya habis.

Tingkat kesulitan yang ada pada permainan ini adalah pemain harus melewati arus lalu lintas yang padat tersebut sebelum waktu yang ditentukan habis. Penggunaan waktu dalam permainan ini penulis ilustrasikan sebagai jumlah bahan bakar yang tersedia. Selain itu pemain hanya diperkenankan mengalami ‘tabrakan’ dengan jumlah yang terbatas, sesuai dengan jenis mobil yang dipilih. Pemain harus melewati 3 tingkat atau level permainan dengan tingkat panjang jalur lalu lintas yang berbeda. Makin tinggi level permainan, maka makin panjang pula jalur yang harus dilalui oleh pemain.

Berikut ini adalah Rancangan atau sekenario cara pembuatan game Benz Race 2006 :

  • Struktur Program :
    Struktur program ini adalah bagan yang menunjukkan garis besar dari permainan Benz Race ini. Hal tersebut dimulai dari ‘Jalankan Aplikasi’ sampai dengan ‘Keluar Aplikasi’. Struktur program ini memperlihatkan keterhubungan yang utuh antara satu komponen tampilan dengan komponen tampilan lainnya dalam suatu urutan.
  • Rancangan Input-Output :
    Pada tahap ini, penulis akan menjelaskan rancangan input-output permainan Benz Race. Pada program aplikasi permainan Mobil Balap ini, penulis menggunakan beberapa Rancangan I/O, yaitu :
  1. Tampilan awal : Tampilan ini merupakan tampilan awal program permainan, dimana pada tampilan ini, pemain dapat menjalankan program/ aplikasi permainan ini menggunakan tombol ‘Mulai’ atau membatalkan permainan dan keluar dari aplikasi tanpa memulai permainan tersebut terlebih dahulu menggunakan tombol “Keluar“.
  2. Tampilan pemilihan mobil : Tampilan ini digunakan untuk melakukan pemilihan mobil pada saat akan memulai sebuah permainan. Mobil tersebut dapat dipilih sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
  3. Tampilan permainan : Tampilan ini merupakan tampilan yang akan terlihat pada saat pemain memulai permainan tersebut.
  • Rancangan Tampilan Awal :Tampilan ini terdiri dari beberapa tombol button, yaitu:

  1. X : merupakan tombol yang digunakan untuk menutup permainan/ aplikasi ini.
  2. MULAI : merupakan tombol yang digunakan untuk menuju ke tampilan berikutnya, yaitu tampilan pemilihan mobil.
  3. KELUAR : merupakan tombol yang digunakan untuk keluar dari aplikasi tanpa memulai permainan terlebih dahulu.

  • Rancangan Tampilan Pemilihan Mobil : Pada penjelasan di atas dapat ditampilkan kepada pemain jika pemain telah menekan tombol mulai pada tampilan pembuka/ tampilan awal yang ditunjukkan pada gambar di atas menjelaskan tentang sejumlah informasi mengenai mobil-mobil yang akan dipilih oleh pemain. Informasi tersebut dibentuk dari sebuah gambar atau citra. Pemain dapat memilih salah satu dari tiga pilihan mobil yang ada dengan melakukan penekanan pada kotak check atau checkbox sesuai dengan mobil yang akan dipilih. Apabila pemain ingin kembali ke tampilan pembuka/ tampilan awal, maka pemain dapat melakukan penekanan tombol Kembali yang terdapat pada tampilan gambar 3.3. ini. Tampilan ini terdiri dari beberapa checkbox dan button, yaitu :


  1. Mobil 1, Mobil 2, Mobil 3 : merupakan checkbox yang memperlihatkan image/ gambar mobil beserta karakteristiknya yang digunakan oleh pemain untuk melakukan pemilihan jenis mobil yang akan dimainkan pada permainan tersebut. Jenis mobil yang dipilih memiliki perbedaan karakteristik. Karakteristik tersebut dibedakan berdasarkan kecepatan dan ketahanan. Nilai dari kecepatan dan ketahanan yang tertera pada masing-masing mobil hanyalah skala. Dimana skala tersebut dimulai dari 1 sampai dengan 10. Apabila pemain telah melakukan pemilihan mobil, maka permainan akan dimulai secara otomatis
  2. KEMBALI : merupakan tombol yang digunakan untuk kembali ke tampilan awal.

  • Rancangan Tampilan Permainan : Pada gambar di Samping merupakan tampilan permainan Benz Race. Tampilan inilah yang menjadi inti dari permainan Benz Race. Pemain dapat mengontrol dan menggerakkan mobil yang telah dipilihnya ke arah-arah tertentu, sehingga pemain dapat melaju menuju garis akhir. Pada tampilan ini juga diberikan keterangan tentang kondisi pemain, apakah sedang melaju, atau melakukan tabrakan terlalu banyak ataupula kehabisan bahan bakar. Selain itu pada tampilan ini juga terdapat indikator-indikator kendaraan, seperti kecepatan,ketahanan, jumlah bahan bakar yang masih tersisa serta panjang lintasan yang masih harus dilalui.

  • Algoritma & Diagram Alur Program
  • Langkah-langkah Pembuatan :
  1. Penginstalan J2SE 5 Update 6 dan J2SE Runtime Environment Update 6
  2. Penginstalan Text Editor Edit Plus Versi 2.11.
  3. Penginstalan Image Manipulator Adobe Photoshop CS
  4. Men-download gambar pada http://www.freepicture.com.
  5. Langkah berikutnya adalah pengeditan gambar yang telah di-download pada
    langkah 4.
  6. Setelah semua software pendukung selesai diinstal, langkah selanjutnya adalah
    pembuatan script atau listing Java.
  7. Langkah Pembuatan File Utama.
  8. Langkah Pembuatan Tampilan Menu Awal.
  9. Langkah Pembuatan Tampilan Pemilihan Mobil.
  10. Langkah Pembuatan Tampilan Utama.
  • Uji Coba : Setelah langkah-langkah pembuatan listing program selesai dilakukan, untuk mencoba menjalankannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Langkah pertama adalah menjalankan Edit Plus yang sudah diinstal pada langkah 2 di atas dan membuka script BenzRace_2006.java.
  2. Langkah selanjutnya adalah meng-kompile kembali file Benz_Race_2006.java untuk menghasilkan file BenzRace_2006.class yaitu dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl + 1. Setelah di-kompile dan tidak terdapat eror lagi, barulah dijalankan dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl + 2.
  3. Setelah itu maka permainan Benz Race ini sudah aktif pada komputer dan siap untuk dimainkan.
  • Cara Menjalankan Program Permainan :

    Alat input yang digunakan untuk memainkan permainan ini adalah alat input standard yaitu sebuah keyboard dan sebuah mouse. Sedangkan alat outputnya adalah tampilan di layar monitor. Di awal permainan, pemain diberikan Menu Tampilan Awal. Dengan menggunakan mouse, pemain memilih menu yang ada dengan cara menekan tombol Mulai atau Keluar. Jika tombol Mulai dipilih, maka program akan menuju ke tampilan menu selanjutnya yaitu Tampilan Pemilihan Mobil.

    Pada menu ini, pemain diijinkan untuk memilih satu dari tiga jenis mobil yang ada dengan menggunakan mouse. Setelah melakukan pemilihan mobil, pemain akan masuk ke tampilan permainan dan memulai permainan tersebut secara otomatis. Apabila tidak ingin melalukan pemilihan mobil, pemain dapat kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tombol Kembali menggunakan mouse.

    Pada tampilan/ panel permainan yang sudah dimulai secara otomatis apabilatelah melakukan pemilihan mobil, pemain melakukan pergerakan mobil dengan menggunakan keyboard. Adapun tombol-tombol yang digunakan untuk melakukan pergerakan mobil tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

OUTPUT :

  • Tampilan Awal (Splash Screen) :















  • Tampilan Pemilihan Mobil :

















  • Tampilan Panel Permainan :















Unsur-Unsur Game dalam sebuah Education

1. Warna
Sangat baik untuk melatih kreatifitas dalam mewarnai gambar yang telah disediakan

2. Bentuk
Setelah ditelaah lebih jauh, game dengan unsur "Bentuk" ini baik sekali untuk merangsang
imajinasi, kreatifitas dan melatih dalam mengekspresikan emosional, contohnya Puzzle.

3. Bahasa
Melalui game edukasi anak akan banyak berinteraksi dengan kosakata selain bahasa Indonesia
Maka dengan itu anak akan mengingatnya terus menerus


Sumber :
http://zenvixsdevil.blogspot.com/2010/03/permainan-benz-race-2006.html



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan mengambil, menyadur, memperbaiki baik sebagian atau keseluruhan tanpa ijin terlebih dahulu. Tidak diharuskan mencantumkan sumber, kecuali untuk tulisan yang sudah mencantumkan sumber lain.